Telkomsel Selesaikan Program USO

Telkomsel memilih Desa Kaliau, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat sebagai salah satu dari seratus desa yang diutamakan untuk mendapat akses internet dalam program Desa Pinter (Desa Punya Internet). Desa Kaliau merupakan desa ke-21.000 dari 25.000 desa yang akan memperoleh layanan akses telekomunikasi dan informatika perdesaan.

Telkomsel adalah pemenang tender program Universal Service Obligation (USO) untuk blok Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan
Program ini akan memberikan pelayanan dibidang telekomunikasi bagi masyarakat desa sehingga semua desa dapat tersambung di seluruh Indonesia. Pelayanan yang akan dikembangkan mencakup telepon umum dan internet nirkabel. Sehingga arus informasi tidak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat kota tetapi dapat dinikmati oleh masyarakat pedesaan terpencil sekalipun.

Di Desa Kaliau, Telkomsel telah melakukan instalasi FWT (Fixed Wireless Telephone) serta BTS Pico via satelit VSAT IP (Very Small Apertur). Melalui perangkat komputer dan akses internet, warga desa setempat bisa memanfaatkan konten yang disediakan Balai Informasi Pedesaan, untuk mengakses berbagai informasi, seperti kebutuhan pupuk, bibit, hasil panen, hasil laut, dan lainnya.

Peresmian beroperasinya program Universal Service Obligation (USO) di desa tersebut ditandai dengan test call dari Desa Kaliau ke 3 titik desa USO lainnya di Kabupaten Sambas oleh Menkominfo Tifatul Sembiring, yakni Desa Tebuah Elok, Desa Madak, serta Desa Sanatab.
Desa Kaliau merupakan ibu kota dari Kecamata Sajingan Besar yang terletak di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat atau berada di perbatasan Kalimantan Barat dan Malaysia Timur (Serawak). Nama Kaliau diambil dari nama sebuah gunung di daerah setempat yaitu Gunung Kaliau. Jalur transportasi sudah cukup memadai, sudah terdapat angkutan umum yang dapat digunakan masyarakat untuk bepergian menuju ibu kota kabupaten walaupun dengan kondisi jalan yang masih belum begitu baik. Penduduknya sebagian besar merupakan Suku Dayak, kemudian diikuti oleh orang Melayu, dan sedikit orang Jawa.


0 comments:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

DUKUNG TELKOMSELBLOG.BLOGSPOT.COM DALAM TELKOMSEL CAMPUS BLOG COMPETITION DENGAN CARA KETIK BLOG (SPASI) 52 KIRIM KE 9937 close [x]